Friday, August 10, 2012

Sakit Double Wow

Nggak tau kenapa, kenapa gue bisa terjangkit sakit yang aneh dan langka kayak gini. Perasaan gue tuh rajin mandi. Kalo lagi rajin-rajinnya gue bisa mandi 2 kali sehari. Apalagi kalo gue habis main-mainan tanah sama si Eja, anak ibu kos gue yang umurnya 18 tahun lebih muda dari gue. Hehehe ini ngapain malah nglantur?
Awalnya badan gue panas, dingin. Kalo jidat gue dipegang terasa panas membara kayak pas waktu disengat tawon madu. Tapi anehnya, gue ngerasa dinggiiin bangeeet. Kata kak Reva, temen satu kos itu namanya meriang. Akhirnya setelah 3 hari meriang, gue dianter kak Reva ke rumah sakit. Awalnya gue cuma dirawat secara tradisional sama temen-temen satu kos. Mulai dari dikompres pake air es, dikasih temu lawak sama jamu buatan mbok Ijem yang gue nggak tau gunanya buat apa dan hubungannya apa sama sakit gue, sampe minta tolong pak Kyai, kalo-kalo gue kesambet penunggu pohon mangga yang sering gue panjat kalo pas lagi berbuah. Gue cuma bisa pasrah. Toh sakit gue nggak sembuh-sembuh malah makin parah aja, karena mulai muncul bintik-bintik dengan warna pelangi. Maksudnya, warnanya ada yang merah, kuning, ijo, nggak kayak bintik-bintik pada umumnya yang cuma satu warna. 
Sama pak dokter yang usianya sebaya sama kakek buyut gue (et dah buset, kayaknya tua amat yak? haha) gue didiagnosis sakit campak batuseribu. Hadeeeh serasa balik ke jaman prasejarah. Kata beliau sih, penyakit ini udah punah semenjak para manusia purba berevolusi menjadi manusia modern. Beliau juga heran, kenapa gue bisa terjangkit penyakit yang udah hilang sejak ribuan tahun lalu itu. Pak dokter pun awalnya kesulitan saat mendiagnosis penyakit gue. Beliau harus pergi ke museum purbakala dulu, siapa tau ada artefak atau sumber yang bisa dijadikan dasar untuk men-judge gue sakit apa. Beliau juga harus menghubungi para arkeolog dan ahli-ahli kepurbakalaan untuk membantunya. Gue jadi sedih begitu tau kalo dulu tu obatnya pake serbuk gading mamooth, si gajah purba, yang dicampur sama iler beruang, . Ya mana mungkin sekarang nyari gading mamooth. Kalo mau make gading gajah, ya kasian banget lah gajahnya, dia kan satwa yang dilindungi, dan gue juga sayang banget sama binatang. Nggak mau. Apalagi nyari iler beruang, sapa yang mau nyari? Mending deh kalo iler bekicot, masih banyak di rumah gue.
Akhirnya gue diopname. Gue sengaja nggak ngasih tau emak sama babe. Takut mereka sedih. Biarlah gue aja yang menjalani semua penderitaan ini. Hiks. 
Temen-temen kos, kayak mbak Reva, mbak Dota, mbak Keke, mbak Erin, dan mbak Yusi bergantian nungguin gue. Gue jadi terharu. Sementara bintik-bintik di tubuh gue makin banyak dan warnanya pun semakin bervariasi. Gue nggak tau harus gimana. Soalnya tim dokter juga baru meramu obat buat gue, dan baru dicobain ke tikus seminggu yang lalu. Katanya efeknya belum keliatan. Ya Tuhan, kenapa ini semua terjadi. Huhu
Dalam penantian panjang, menunggu obat dari para tim dokter dan ahli farmasi, gue cuma bisa berbaring dengan lemasnya. Sementara temen-temen kos udah kesana-kemari menghibur gue. Ada yang bawain gue majalah Bobo, beliin boneka Betmen, beliin balon gas 20 biji, beliin hamster, beliin makanan-makanan tradisional kayak ongol-ongol, geplak, thiwul, dsb (mereka pasti berprinsip bahwa back to nature is the best way). Gue amat sangat terharu sama perjuangan mereka untuk bikin gue seneng. Gue jadi agak feeling better. Makasih temaan-temaan. 
Hari kesepuluh, gue akhirnya dikasih obat sama dokter. Syukurlah. Setelah gue minum obat itu, dan dapet 3 hari, bintik-bintik di tubuh gue yang semula berwarna pelangi, sekarang menjadi warna kuniiing. Otomatis gue kayak jadi pasien penderita hepatitis atau orang yang lagi luluran pake kunyit. Kata dokter sih, itu reaksi yang positif dan sebentar lagi gue akan sembuh. Gue jadi agak tenang. Setelah 3 minggu di rumah sakit, bintik-bintiknya teteep aja warnanya kuning. Gue jadi pesimis. Sementara duit tabungan gue mulai nipis, dan emak babe mulai nanyain ke gue kenapa tumben nggak pulang (gue biasanya sebulan sekali pulang kampung). Gue juga nggak enak sama temen-temen kos. Apalagi yang bikin gue tambah menderita adalah makanan disini nggak sesuai banget sama penyakit gue, gue heran deh. Masa gue pas panas kemaren malah dikasih sop yang baru aja diangkat dari panci coba?? Ahli gizinya dari mana sih yang dipake sama rumah sakit ini? Kurang qualified!  
Setelah genap sebulan gue jadi pesakitan di rumah sakit, akhirnya gue putuskan untuk pulang. Gue mempertimbangkan duit juga soalnya. Meskipun mbak Dota nawarin mau ngasih pinjemin dulu ke gue, tapi gue tambah nggak enak. Apalagi gue udah banyak merepotkan semua temen kos.
Di kosan, setelah pulang, gue jadi disayaaang banget sama bu kos. Bu kos yang semula mata duitan, galak, dan perhitungan, mendadak jadi murah hati dan penyayang. Tiap  pagi gue dibikinin bubur sumsum sama susu. Sebenernya Bu kos mau ngabarin emak babe,tapi gue larang. Temen-temen sekelas juga nggak gue kasih tau kalo gue sakit, sengaja gue nggak bales SMS mereka. Apalagi mereka nggak ada yang tau kos gue, jadi gue aman-aman aja. Gue sih takut aja kalo mereka njenguk gue, terus ada salah satu yang iseng memfoto gue terus diupload di facebook, ngeri deh. Nggak ngebayangin, pasti pasaran gue bakal anjlok. Si Tora gebetan gue pasti langsung nyari cewek lain dan pastinya foto gue jadi top story di facebook karena banyak yang ngomen. Aih, ogah!!!
Pak Kyai yang dulu dateng buat ngobatin gue, sekarang dateng lagi. Yang ngundang bu kos. Gue sih sebenernya kurang suka. Ini penyakit medis, dan nggak ada hubungannya sama hal-hal berbau mistis atau magis. Tapi gue diem aja. Kata pak Kyai, gue emang nggak kena santet atau tenung kayak di film-film Suzanna itu. Gue cuma dikasih air putih yang udah dikasih doa-doa. Pak Kyai juga ngasih pesen supaya gue banyak-banyak beribadah dan berdoa. Gue cuma mengiyakan, dan berjanji bakal melaksanakan apa nasihat beliau. Serasa cerita "Hidayah" hehehe.
Pasca dinasehatin sama pak Kyai, gue jadi banyak-banyak berdoa dan beribadah. Gue juga rajin mandi. Nggak nunggu kotor-kotoran lagi buat mandi 2 kali sehari. Gue juga mengubah kebiasaan-kebiasaan buruk gue, seperti nggak doyan sayur, rajin kepo akun jejaring sosial orang, hobi  baca buku sambil tiduran, rajin makan mie instan ala mie gemez, dsb. Pokoknya semenjak dinasehatin itu, gue jadi beralih ke healthy life style. Akhirnya semenjak itu ,bintik-bintik ditubuh gue berkurang . Mula-mula, bintik-bintik yang berwarna mejikuhibiniu itu berubaha menjadi warna merah, kuning, hijau, lalu jadi item sama putih, terus yang terakhir jadi warna item. Tepat di hari ke-14 setelah gue menjalani healthy life style, bintik-bintiknya seriusan ilaaang. Malahan gue pas bercermin, ngrasa kalo gue tambah kece dari hari ke hari. hehhee. Gue bersyukur tiada henti-hentinya. Thanks God!
Ternyata, nggak perlu ramuan campuran serbuk mamooth sama iler beruang buat ngobatin penyakit gue, nggak perlu macem-macem, obatnya cukup sederhana aja, seperti yang gue tulis di atas. hohoho.
Oh ya, cukup sekian curhatan gue kali ini. Salam hangat buat temen-temen kos, ibu kos, pak kyai, pak dokter, dan segenap kru yang telah menyembuhkan penyakit fiktif ini. Dadaaaah, salam sayang dari gue yang sekarang tambah kece, Yuki. ^^

4 comments:

  1. nad sakitmu beneran atau boongan itu sih? :O

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkkwkw boongan sayaang, kan diakhir ada tulisannya kalo itu penyakit fiktif wkwkkwwk

      Delete
  2. tanda tanda manusia yang pengen di perhatikan..hahhaa..dsarr

    ReplyDelete
    Replies
    1. ora yooo. kowe lah sing kurang perhatiaaan hahaha

      Delete